Studi: Optimistis Bikin Tidur Lebih Baik dan Lebih Lama

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 19:14 WIB
Studi: Optimistis Bikin Tidur Lebih Baik dan Lebih Lama
Studi: Optimistis Bikin Tidur Lebih Baik dan Lebih Lama
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang paling optimistis cenderung tidur lebih baik. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Behavioral Medicine.

"Studi ini mengungkapkan hubungan yang signifikan antara optimisme dan berbagai karakteristik tidur yang dilaporkan sendiri setelah menyesuaikan untuk beragam variabel, termasuk karakteristik sosio-demografis, kondisi kesehatan, dan gejala depresi," kata salah satu peneliti studi Rosalba Hernandez seperti dilansir Times Now News.

Tingkat optimisme peserta diukur dengan menggunakan survei 10-item yang meminta mereka untuk menilai pada skala lima poin seberapa banyak mereka setuju dengan pernyataan positif seperti, "Saya selalu optimis tentang masa depan saya" dan dengan kalimat negatif seperti sebagai "Saya hampir tidak mengharapkan hal-hal berjalan sesuai keinginan saya."

Skor pada survei berkisar dari enam (paling tidak optimis) hingga 30 (paling optimis). Peserta melaporkan tidur mereka dua kali, terpisah lima tahun, menilai kualitas dan durasi tidur keseluruhan mereka selama bulan sebelumnya. Survei tersebut juga menilai gejala insomnia, kesulitan tidur dan jumlah jam tidur aktual yang mereka peroleh setiap malam.

Sejumlah peserta adalah bagian dari studi tidur tambahan yang berbasis di Chicago dan mengenakan monitor aktivitas selama tiga hari berturut-turut - termasuk dua malam kerja dan satu malam akhir pekan. Peserta memakai monitor dua kali dalam setahun.

Monitor mengumpulkan data tentang durasi tidur mereka, persen waktu tidur dan gelisah saat tidur. Hernandez dan rekan penulisnya menemukan bahwa dengan setiap peningkatan deviasi standar - jarak tipikal antar titik data - dalam skor optimisme peserta, mereka memiliki peluang 78% lebih tinggi untuk melaporkan kualitas tidur yang sangat baik.

Demikian juga, individu dengan tingkat optimisme yang lebih besar, lebih mungkin melaporkan bahwa mereka cukup tidur, tertidur enam hingga sembilan jam setiap malam. Dan sebanyak 74% lebih mungkin tidak memiliki gejala insomnia dan melaporkan lebih sedikit kantuk di siang hari.

"Kurangnya tidur yang sehat adalah masalah kesehatan masyarakat, karena kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk risiko obesitas, hipertensi dan semua penyebab kematian yang lebih tinggi. Optimisme disposisional - keyakinan bahwa hal-hal positif akan terjadi di masa depan - telah muncul sebagai aset psikologis yang menonjol untuk kelangsungan hidup bebas penyakit dan kesehatan yang unggul," ucap Hernandez.

Meskipun hubungan yang signifikan dan positif ditemukan antara optimisme dan kualitas tidur yang lebih baik, Hernandez menyarankan bahwa penelitian harus ditafsirkan secara hati-hati. (Baca juga: Bikin Wanita Cantik, Tren 10 Step Korean Skin Care Makin Populer ).

Sementara para ilmuwan tidak yakin dengan mekanisme yang tepat di mana optimisme mempengaruhi pola tidur, mereka berhipotesis bahwa kepositifan dapat melindungi efek stres dengan mempromosikan adaptive coping, yang memungkinkan optimis untuk beristirahat dengan damai.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5528 seconds (0.1#10.140)